Cara Mudah dan Cepat Memberantas Virus Komputer

Virus komputer memang menjadi salah satu musuh besar bagi setiap seorang administrator data base. Virus merupakan suatu program yang diciptakan dengan tujuan tertentu. Virus komputer ada yang bersifat merusak dan ada pula yang mengganggu. Virus yang bersifat merusak yaitu jenis virus yang merusak file-file yang bersifat penting baik untuk user sendiri maupun untuk orang lain. Virus jenis ini biasanya menghapus file-file yang sifatnya krusial untuk runningnya sistem operasi. Sedangkan untuk virus yang mengganggu adalah virus yang biasanya mengganggu dengan menggandakan file-file yang ada dalam sistem komputer. Akibat penggandaan file ini, maka kapasitas space yang tersedia dalam harddisk akan semakin kecil. Bayangkan saja, suatu komputer yang berisi suatu sistem operasi dengan file yang jumlahnya berjuta-juta digandakan oleh virus. Wah ngga kebayang deh gimana jadinya.

Bagi beberapa komputer yang mempunyai program anti virus yang up to date, mungkin itu bukanlah suatu persoalan, karena anti virus itu akan mencegah berkembangbiaknya virus dalam sistem komputer. Tapi bagaimana dengan komputer yang cuma mempunyai program anti virus yang sudah expired alias kadaluarsa, atau bahkan tidak ada program anti virus sama sekali? Tentu saja virus akan mudah sekali berkembang biak.

Berikut saya punya tips-tips ringan untuk mengatasi serangan virus :

1. Apabila komputer yang anda pakai memiliki anti virus yang sudah expired atau tidak ada anti virusnya, cobalah untuk menginstal anti virus atau meng-up date anti virus anda, akan tetapi biasanya virus tersebut mencegah instalasi program anti virus atau proses update program anti virus(seperti varian Brontok). Janganlah anda memutuskan untuk memformat komputer anda.
2. Apabila Komputer anda terkoneksi dengan jaringan, cobalah untuk men-scan komputer anda dengan menggunakan komputer lain yang program anti virus yang up to date.
3. Apabila cara tersebut belum berhasil juga, cobalah untuk me-restart komputer anda dan masuklah ke safe mode, lalu jalankan software anti virus yang dapat beroperasi di safe made sistem operasi windows.
4. Apabila cara-cara diatas belum juga dapat mengatasi serangan virus pada komputer anda, maka anda perlu untuk memformat komputer anda sebagai cara terakhir.

Mungkin itu saja tips dari saya, karena saya bisa dibilang masih awam masalah begituan. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua.

Created by Budi Hantoro – Chiples🙂

~ by ch1ples on February 11, 2008.

One Response to “Cara Mudah dan Cepat Memberantas Virus Komputer”

  1. thanks ya…….. tapi aku masih bingung dan aku pegen bertanya.
    gimana jika komputer kita udah terkena virus, terus aku mau nginstal anti virus pada komputer ku yang udah kena virus, eh…… malah nga bisa di instal anti virusnya. kalu gini gimana ya. aku butuh baget informasinya. thanks ya…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: