Mengenal Registry Windows

Registry yg ada di windows digunakan untuk menyimpan setting – setting untuk seluruh hardware, software, user dan preference yang dinginkan user untuk versi Windows 95, 98, ME dan NT/2000. Saat si user tersebut menginstall program, mensetting policy(maksudnya siapa yang berhak untuk melakukan tugas tertentu) semua itu disimpan di dalam registry windows.

File yang digunakan untuk membentuk registry windows berbeda tergantung versi windowsnya, misal untuk win 95/98 kita menggunakan USER.DAT dan SYSTEM.DAT.
Nah sudah baca artikel saya yang lalu belum yang judulnya ‘Breaking Admin Password’, file yang mempengaruhi sekuriti dari win2k adalah salah satu yang saya sebut di atas.

Untuk win ME ada tambahan file CLASSES.DAT. Bisakah kita mengubah sendiri registry itu…he he he, misal kita ingin menghilangkan icon – icon di desktop yang ga bisa kita delete kayak My computer dan konco – konconya, disinilah registry itu berguna. Bisa dibilang ginjalnya windows adalah registry, saat kita tau seluk – beluknya semua akan mudah.

Sorry ya kalo jadi boring dari sini… OK registry windows memiliki struktur hirarkis yang walaupun terlihat memusingkan tapi sebenarnya hampir mirip dengan struktur folder2 di Windows anda.

Ada 6 cabang utama di registry windows:
HKEY_CLASSES_ROOT, mencakup setting – setting inti dari windows anda
HKEY_CURRENT_USER, mencakup setting – setting dari user yang login
HKEY_LOCAL_MACHINE, berisi info spesifik tentang hardware,software,dll
HKEY_USERS, berisi perference untuk masing – masing account user di OS
HKEY_CURRENT_CONFIG, berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE
HKEY_DYN_DATA, disini disimpan info tentang hardware plug & play

Created by Budi Hantoro – Chiples🙂

~ by ch1ples on February 11, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: