Sistem Penataan Kabel Agar Kompie Jadi OK

Salah satu kriteria komputer gaul adalah masalah kerapian sistem perkabelan, baik kabel data maupun kabel power supplay. Disamping itu dengan penataan kabel yang baik dapat mengurangi suhu di dalam cassing. Ini merupakan suatu keharusan jika kita ingin mengoverclock prosesor, karena suhu adalah musuh nomer satu.

Prosesor yang dioverclock akan menaikan suhu prosesor itu sendiri yang mengakibatkan kinerja prosesor menjadi tidak stabil. Hal ini mungkin dapat diatasi dengan menggunakan heatsink dan fan tambahan. Namun apabila suhu dalam cassing sendiri sangat tinggi maka penambahan tersebut hanya sia-sia belaka.

Kenapa pengaturan kabel yang baik dapat mengurangi suhu? Teorinya begini (ceilee..) didalam casing computer terdapat berbagai macam periperal yang mana masing-masing bekerja dan menghasilkan panas, misalnya harddisk dan prosesor. Panas yang dihasilkan ini apabila tidak dikeluarkan maka akan mempengaruhi kinerja komputer terutama prosesor. Memang sekarang banyak komputer yang diberi fan tambahan untuk mengatasi masalah ini. Namun penambahan fan tersebut tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan pengaturan kabel yang baik. Panas yang akan dikeluarkan oleh fan tambahan akan terhambat oleh kabel-kabel sehingga proses pengeluaran panas menjadi tidak lancar.

Untuk membuat kabel yang tidak akan menghalangi proses pengeluaran panas maka kabel tersebut harus memiliki lebar/luas permukaan yang kecil. Dan sekarang sudah banyak dijual ditoko-toko komputer besar kabel data yang disebut kabel data rounded yaitu kabel data dengan lebar permukaannya yang kecil dan dibungkus semacam pelindung dan elastis dengan harga yang lumayan mahal.

Created by Budi Hantoro – Chiples🙂

~ by ch1ples on February 11, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: