Penanggulangan Anemia Ibu Hamil

Penanggulangan Anemia Ibu Hamil

Tak Cukup dengan Suplementasi Besi Folat

PREVALENSI anemia di dunia sangat tinggi, terutama di negara-negara sedang berkembang termasuk Indonesia. Di Indonesia, dalam Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) 1992 dilaporkan bahwa 63,5% ibu hamil dan 55,5% anak usia balita di Indonesia menderita anemia (kekurangan darah). Pada SKRT 1995 prevalensi anemia pada ibu hamil menjadi 50,9% dan pada anak balita 40,5%, namun dengan adanya krisis ekonomi yang sedang berlangsung prevalensi anemia meningkat lagi.

Survei pemetaan anemia di Jawa Tengah pada tahun 1999 menunjukkan prevalensi anemia yang tinggi pada anak usia di bawah lima tahun (balita) dan ibu hamil. Di beberapa kabupaten di Jawa Tengah bahkan mencapai angka di atas 80%.

Defisiensi besi bukan satu-satunya penyebab anemia, tetapi apabila prevalensi anemia tinggi, defisensi besi biasanya dianggap sebagai penyebab yang paling dominan. Pertimbangan itu membuat suplementasi tablet besi folat selama ini dianggap sebagai salah satu cara yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia. Di Indonesia, suplementasi besi sudah lama dikerjakan secara rutin pada ibu hamil di Puskesmas dan Posyandu, menggunakan tablet yang mengandung 60 mg besi dan 0,25 mg asam folat. Sejauh ini hasil yang dicapai belum menggembirakan, terbukti dari prevalensi anemia pada ibu hamil yang masih tinggi baik ditingkat Nasional maupun di tingkat Jawa Tengah.

Untuk Lebih lengkapnya dalam format doc. silahkan download melalui link dibawah ini, Semoga bermanfaat :

Klik salah satu link Ziddu or Bizhat

Created by Budi Hantoro – Chiples😛

~ by ch1ples on March 28, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: